Oleh : Mayang Rahmi Novitasari

WOW!

Ketika Go Green kini menjadi semacam prinsip untuk gaya hidup modern yang lebih sehat, bersepeda adalah salah satu upayanya. Upaya mendorong peningkatan penggunaan sepeda banyak dilakukan. Mulai dari gerakan bike to work, atau seperti di Yogyakarta dikenal dengan Segosegawe (sepeda kanggo sekolah lan megawe) yang dalam Bahasa Indonesia artinya "sepeda untuk sekolah dan bekerja", sampai sepeda gratis. Penyediaan sepeda-sepeda gratis kini sudah banyak dilakukan terutama pada kampus-kampus yang berupaya penuh mendorong Go Green tersebut, misalnya dengan adanya sepeda kampus.

Sebuah kota yang tentu luasannya jauh lebih besar dari sekedar satu kampus, juga tak mau kalah dalam mendukung Go Green tersebut. Kota Kassel merupakan salah satu kota di Jerman yang menyediakan pelayanan transportasi sehat, yaitu sepeda kota. Bagaimana tidak sehat, dengan bersepeda berarti juga berolahraga dan berkontribusi menciptakan udara bebas polusi. Sepeda Kota Kassel tersebut dapat digunakan oleh warga kota dengan cara memiliki kartu khusus yang disediakan pemerintah kota. Sepeda-sepeda diparkir pada beberapa lokasi penting di kota. Pengembalian sepeda tidak harus pada tempat semula meminjam. Tetapi, sepeda ini tidak boleh dibawa pulang lho, karena apabila tidak kembali dalam satu hari peminjaman, si peminjam akan terdeteksi dan dikenakan sanksi.

Gambar : Sepeda Kota di Kassel, Jerman

Sumber : Dokumentasi Penulis, 2012

*Penulis adalah pengurus Pemuda Tata Ruang (PETARUNG), mahasiswi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UGM, dan Fasttrack 2 Magister Perencanaan Kota dan Daerah UGM.

The Best betting exchange http://f.artbetting.net/
Full reviw on bet365 b.artbetting.net by artbetting.net
www.bigtheme.net